Dimana-mana sebagai fraksinasi atau distilasi kecil (fractional distillation). Pemilihan pemisahan didasarkan pada perbedaab sebagian besar menggunakan proses pemisahan dalam kimia industri adalah distilasi. Unit operasi ini ditunjuk volatilitas (tingkat penguapan). Di dalam distilasi, fase cair bertemu dengan fase cair dan perpindahan massa diantara keduanya dari cair ke uap (gas) dan dari gas ke cair. Cairan dan uap biasanya mengandung komponen yang sama tetapi berbeda kuantitas relatifnya (relative quantities). Cairan adalah “bubble point” dan gas adalah “dew point”

. Massa dipindahkan secara serempak dari cair dengan dipanaskan dan dari gas diubah ke cair dengan cara dikondensasikan. Efek bersih (net effect) adalah peningkatan konsentrasi pada komponen yang menguap di dalam gas dari sebagian kecil komponen yang menguap di dalam cairan. Penguapan dan kondensasi menyebabkan terjadi panas laten dari penguapan komponen-komponen dan efek panas karena itu perlu dipertimbangkan dalam perhitungan distilasi. Pada larutan ideal (misalnya, campuran benzen dan toluen), volatilitas berhubungan langsung dengan tekanan gas komponen murni tiap-tiap komponen. Pada larutan non ideal (misalnya, campuran etanol dan air), hubungan yang tak sederhana. Distilasi dimana-mana digunakan untuk memisahkan cairan (liquid) lebih atau kurang komponen murni. Karena distilasi mengakibatkan penguapan dan kondensasi pada campuran, kuantitas besar energi diantaranya.
Salah satu keuntungan dalam pemakaian proses distilasi adalah dengan tidak adanya tambahan komponen yang dibutuhkan untuk mempengaruhi pemisahan. Ketika menyimak pembahasan ini, banyak proses pemisahan yang lain membutuhkan penambahan komponen yang mana harus dihilangkan kemudian pada tahap pemisahan yang lain. Temperature dan volume material yang dipanaskan bergantung pada tekanan operasi. Tekanan yang digunakan dinaikkan untuk mengurangi volume atau untuk penambahan suhu agar terjadinya kondensasi ; tekanan dikurangi untuk menurunkan titik pengurangan komposisi panas (thermal decomposition).
Penggunaan distilasi sangat bermacam-macam. Oksigen murni digunakan dalam pembuatan baja (steel making), roket, medis, adalah contoh penggunaan distilasi. Minyak mentah (crude oil) awalnya dipisahkan sampai nomor friksinya (number of frictions) besar pada kolom distilasi. Friksi ini adalah diproses lebih lanjut sampai hasil akhir dan distilasi seringkali digunakan pada tahap lanjutan untuk menghasil produk akhir.

0 komentar

Posting Komentar